Nyatanya Kingdom Hearts 3 akan dirilis kurang dari satu bulan dan membuat fans semakin tidak sabar. Penungguan yang cukup lama dan melelalhkan dalam berbagai hal. Walaupun begitu komunitas tetap bertahan dan memberikan dukungannya. Dilihat dari transparansi dari komunikasi co-directors Tetsuya Nomura dan Tai Yasue. Sekarang dengan Kingdom YHearts 3 hanya kurang dari seminggu, Yasue membagikan sedikit mengenai kesulitan tim dalam pembuatan gamenya
Kingdom Hearts 3 yang pertama kali diumukan pada tahun 2013. Salah satu alasan utamanya adalah penggantiian game engine untuk membuat gamenya. Engine saat ini sangat bagus untuk membuat game besar tetapi karena perubahan tekologi dan cara kerjanya. Membutuhkan waktu yang cukup lama untuk tim beradaptasi.
Bukanlah sebuah rahasia bahwa pada tahun 2014 Square Enix memutuskan mengganti engine Kingdom Hearts 3 ke Unreal Engine 4 yang sebelumnya Luminous Studio engine. Pada saat itu Nomura mengkjlaim bahaw perubahan tersebut tidak akan menggangu pembuatan Kingdom hearts 3
Nomura dulu mengatakan bahwa game Kingdom Hearts 3 diumumkan terlalu cepat dan Yasue juga mendukung komentar dari Nomura tersebut. Melihat gamenya diumumkan setelah baru saja dimulai pembuatan gamenya dan harus mengalami engine rework setelah itu. Tentu saja membuat pembuatan gamenya memakan waktu yang cukup lama.